visi dan misi sekolah
A. Visi
Visi adalah wawasan yang menjadi sumber
arahan bagi madrasah dan digunkan untuk memandu perumusan misi madrasah. Dengan
kata lain, visi adalah pandangan jauh ke depan ke mana madrasah akan dibawa.
Visi adalah gambaran masa depan yang diinginkan oleh Sekolah agar
sekolah yang bersangkutan dapat menjamin
kelangsungan hidup dan perkembangannya.
Gambaran masa depan (visi) tentunya harus didasarkan pada
landasan yuridis, yaitu undang-undang pendidikan dan sejumlah peraturan
pemerintahannya, khususnya tujuan pendidikan nasional sesuai jenjang dan jenis
Sekolahnya dan sesuai dengan profil Sekolah yang bersangkutan.
Dengan kata lain, visi Sekolah harus tetap dalam koridor
kebijakan pendidikan nasional, tetapi sesuai dengan kebutuhan anak dan
masyarakat yang dilayani. Tujuan pendidikan nasional sama, tetapi profil Sekolah
khususnya potensi dan kebutuhan masyarakat yang dilayani Sekolah
tidak selalu sama. Oleh karena itu, dimungkinkan Sekolah memiliki
visi yang tidak sama dengan Sekolah lain, asalkan tidak keluar
dari koridor nasional, yaitu tujuan pendidikan nasional.
Perhatikan contoh visi Sekolah berikut!
a.
Sekolah yang terletak di kota besar, peserta
didiknya berasal dari keluarga mampu berpendidikan tinggi yangh memiliki
harapan anaknya menjadi orang hebat, lulusannya melanjutkan ke Sekolah
favorit yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya : UNGGUL DALAM PRESTASI
, BERAKHLAQUL KARIMAH, TERAMPIL DAN MANDIRI.
b. Sekolah yang terletak di perkotaan, mayoritas peserta didiknya
berasal dari keluarga mampu dan hampir seluruh lulusannya ingin melanjutkan ke Sekolah
yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya :UNGGUL DALAM PRESTASI
BERDASARKAN IMTAQ, TERAMPIL DAN
MANDIRI
c.
Sekolah yang terletak di daerah pedesaan yang
umumnya tidak maju dari Sekolah di perkotaan dan banyak peserta
didiknya tidak melanjutkan ke Sekolah faforit/berprestasi, dapat
merumuskan visinya : TERDIDIK,
TERAMPIL DAN MANDIRI BERDASARKAN IMAN /TAQWA.
d.
Sekolah yang terletak di daerah pinggiran kota
(urban) yang umumnya tingkat kemajuannya menengah dibanding Sekolah
di perkotaan atau pedesaan; masyarakatnya pekerja, lingkungannya abangan,
perilaku moral rendah, dan banyak peserta didiknya tidak melanjutkan ke Sekolah
yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya : BERAKHLAQUL KARIMAH MANDIRI
DAN TERAMPIL BERDASARKAN IMTAQ.
Keempat visi di atas, sama-sama benar sepanjang masih dalam
koridor tujuan pendidikan nasional. Tentu saja, perumusan visi harus
disesuaikan dengan tujuan dari setiap jenjang dan jenis Sekolah
sebagaimana dituliskan dalam peraturan pemerintah.
Visi yang pada umumnya dirumuskan dalam kalimat yang filosofis seperti
contoh di atas, seringkali memiliki aneka tafsir. Setiap orang dapat
menafsirkan secara berbeda-beda sehingga dapat menimbulkan perselisihan dalam
implementasinya. Bahkan jika terjadi penggantian pimpinan Sekolah
maka kepala Sekolah yang baru tidak jarang memberi tafsir yang
berbeda dengan kepala Sekolah sebelumnya. Oleh karena itu, agar
tidak memberikan tafsir yang berbeda, visi itu sebaiknya diberikan penjelasan
berupa indikator-indikator (penanda-penanda) apa yang dimaksudkannya.
Perhatikan contoh penjelasan indikator-indikator visi!
a.
Visi Unggul
dalam Prestasi Berdasarkan Imam dan Taqwa dapat dijabarkan indukator
sebagai berikut.
Visi
|
Indikator
|
Unggul dalam prestasi
|
·
Unggul dalam perolehan UASBN
·
Unggul dalam persaingan melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya
·
Unggul dalam karya ilmiah remaja
·
Unggul dalam lomba kreativitas
·
Unggul dalam lomba kesenian
·
Unggul dalam lomba olahraga
|
Beriman dan bertaqwa
|
·
Unggul dalam disiplin
·
Unggul dalam aktivitas keagamaan
·
Unggul dalam kepedulian sosial
|
b.
Visi Unggul
dalam Beribadah, Berakhlaqul karimah, Berprestasi, dan Terampil dapat dijabarkan indukator sebagai berikut
Visi
|
Indikator
|
Unggul dalam beribadah
|
·
Hafal dan fasih bacaan sholat, gerakan sholat, dan keserasian gerakan dan
bacaan
·
Hafal dan fasih do’a setelah sholat
·
Hafal dan fasih do’a-do’a harian muslim
·
Tertib menjalankan sholat fardhu
·
Tertib menjalankan sholat sunah rowatib
·
Dll
|
Unggul dalam berakhlaqul karimah
|
·
Jujur
·
Amanah
·
Sidiq
·
Fatonah
·
Disiplin
·
Sportif
·
Tanggung jawab
·
Percaya diri
·
Hormat kepada orang tua dan guru
·
Menyayangi sesama
·
Suka menolong
·
Dll
|
Unggul dalam prestasi
|
·
Unggul dalam pencapaian nilai UASBN di atas rata-rata Sekolah
·
Unggul dalam berbagai lomba mapel
·
Unggul dalam lomba KIR
·
Unggul dalam berbagai lomba olahraga
·
Unggul dalam berbagai lomba seni
·
Unggul dalam lomba keagamaan
·
Unggul dalam lomba pidato
·
Unggul dalam lomba menulis kreatif
(sastra)
·
Dll
|
Unggul dalam keterampilan (life skill)
|
·
Terampil mengoperasikan aplikasi komputer dan internet
·
Terampil dalam menjalankan keterampilan hidup (life skills)
·
Terampil menjadi public speaker
·
Dll
|
B. Misi
Misi adalah tindakan untuk
mewujudkan/merealisasikan visi. Karena visi harus mengakomodasi semua kelompok
kepentingan di Sekolah, misi dapat juga diartikan sebagai
tindakan untuk memenuhi kepentingan tiap-tiap kelompok yang terkait dengan Sekolah.
Dalam merumuskan misi harus memepertimbangkan tugas pokok Sekolah
dan kelompok-kelompok kepentingan yang terkait dengan Sekolah.
Dengan kata lain, misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang
dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya.
Perhatikan contoh jabaran misi berdasarkan visi!
Visi
|
Indikator
|
Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa
|
·
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap
peserta didik berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki
·
Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga
madrasah
·
Mendorong dan membantu setiap peserta didik untuk mengenali potensi
dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal
·
Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya
bangsa ssehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
·
Menerapkan manajemen partisipatif denga melibatkan seluruh warga madrasah
dan kelompok kepentingan yang terkait dengan Sekolah.
|
Unggul dalam beribadah, berakhlaqul karimah, berprestasi, mandiri dan
terampil
|
·
Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran Islam sehingga peserta
didik menjadi tekun beribadah, jujur, disiplin, sportif, tanggung jawab,
percaya diri hormat pada orang tua, dan guru serta menyayangi sesama.
·
Melaksanakan pembelajaran dan pendampingan secara efektif sehingga setiap
peserta didik dapat berkembang secara optimal dengan memiliki nilai UASBN di
atas standar minimal, unggul dalam prestasi keagamaan, dan unggul dalam
keterampilan sebagai bekal hidup di masyarakat.
·
Melaksanakan pembelajaran ekstrakurikuler secara efektif sesuai dengan
bakat dan minat sehingga setiap peserta didik memiliki keunggulan dalam
belajar mandiri dan berbagai lomba
akademik/non akademik.
·
Menumbuhkan sikap gemar membaca
dan selalu haus akan pengetahuan serta mandiri dalam belajar berbuat dan
bertindak di rumah maupun di sekolah
·
Melaksanakan tata tertib Sekolah secara
konsisten dan konsekuen.
·
Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga Sekolah dan
stakeholder.
·
Melaksanakan pembinaan dan penelitian peserta didik
·
Mengadakan komunikasi dan koordinasi antar Sekolah, masyarakat,
orang tua dan instansi lain yang terkait secara periodik berkesinambungan.
|
C. Tujuan Sekolah
Setelah dirumuskan visi
dan misi, selanjutnya Sekolah merumuskan tujuan. Tujuan merupakan ”apa” yang akan
dicapai/dihasilkan oleh Sekolah yang bersangkutan dan ”kapan” tujuan akan dicapai. Jika
visi dan misi terkait dengan jangka waktu yang panjang, tujuan dikaitkan dengan
jangka waktu yang pendek, yaitu + 3 s.d. 5 tahun. Dengan demikian,
tujuan pada dasarnya merupakan tahapan wujud Sekolah menuju visi yang telah dicanangkan.
Jika visi merupakan
gambaran Sekolah di masa depan secara utuh (ideal),
tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu 3 s.d 5 tahun mungkin belum
seideal visi atau belum selengkap visi. Dengan kata lain, tujuan dapat terwujud
sebagian dari visi.
Perhatikan contoh jabaran tujuan Sekolah berdasarkan visi!
Visi
|
Indikator
|
Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa
|
·
Pada tahun 2009 rata-rata UASB N mencapai nilai minimal 7,0
·
Pada tahun 2009 proporsi lulusan yang melanjutkan ke Sekolah
unggul minimal 40%.
·
Pada tahun 2009 memiliki kelompok KIR dan
mampu menjadi finalis LKIR tingkat nasional.
·
Pada tahun 2009 memiliki tim olahraga minimal 3 cabang dan mampu menjadi
finalis tingkat provinsi.
·
Pada tahun 2009 memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada acara
setingkat kabupaten/kota.
·
Dll
|
Unggul dalam beribadah, berakhlaqul karimah, berprestasi, dan terampil
|
Pada akhir tahun ajaran 2009/2010 Sekolah dapat :
1. Memperoleh nilai UN rata-rata 7,0.
2. Mengoptimalkan proses pembelajaran
dengan pendekatan yang bervariasi, inovatif, dan bermakna, di antaranya CTL
serta layanan bimbingan dan konseling.
3. Meningkatkan jumlah peserta didik
yang diterima di Sekolah
favorit/unggul sekurang-kurangnya 75% dari jumlah yang lulus.
4. Mengembangkan kedisiplinan
dariseluruh komponen madrasah (stake holder) untuk membentuk kepribadian yang
tangguh dan kokoh sebagai dasar dalam setiap aktivitas serta sebagai aset
madrasah.
5. Meningkatkan aktivitas dan
kreativitas peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan intra dan
ekstrakurikuler
6. Mampu menempatkan diri sebagai Sekolah yang
mengembangkan perdidikan berbasis ICT.
7. Melestarikan budaya daerah melalui
mulok bahasa daerah dengan indikator 85% peserta didik mampu berbahasa Jawa
sesuai konteks yang ada.
8. Membekali sekurang-kurangnya 95%
peserta didik mampu membaca dan menulis Al Qur’an
9. Membekali 100% peserta didik mampu
mengakses informasi yang positif dari internet
10. Membiasakan
sekurang-kurangnya 95% peserta didik terbiasa sholat berjamaah.
|
(1) Visi dan Misi
Visi dan misi satuan
pendidikan dirumuskan untuk memenuhi harapan pihak pemangku kepentingan (stakeholders)
dari Sekolah yang kita kelola. Visi
adalah imajinasi moral yang menggambarkan profil Sekolah yang diinginkan di masa
datang. Ciri-ciri rumusan visi yang baik
adalah:
(i)
Menggambarkan kita mau jadi apa, dan dari bersifat menantang,
yaitu rumusan visi mengandung pernyataan yang menantang dan ideal, tetapi bukan
berarti tidak bisa dicapai;
(ii)
Jelas, sehingga tidak menimbulkan pada interpretasi yang
bertentangan;
(iii)
Mudah
diingat, oleh sebab itu dirumuskan dengan beberapa kata saja dan
tidak boleh lebih dari 20 - 25 kata;
(iv)
Memuat pernyataan yang menyatakan kemampuan dan
memberdayakan;
(v)
Memuat nilai Sekolah atau yayasan;
(vi)
Akan lebih baik apabila bisa digambarkan secara visual;
(vii)
Menuntut respon semua orang;
(viii)
Mampu menjadi petunjuk yang melibatkan semua orang yang
tindakannya bisa diukur setiap hari; dan
(ix)
Memperhatikan kebutuhan peserta didik yang hasilnya dapat
diukur dari tindakan dan prestasi siswa.
Contoh Visi Sekolah 1:
Menjadi Sekolah berstandar nasional yang mampu mencetak
insan mandiri, berprestasi, dan
berkepribadian Islami
Contoh Visi 2:
Generasi mandiri, berprestasi, dan berkepribadian Islami
Contoh Visi 3:
” Sekolah Kebanggaan Umat / masyarakat ”
Misi adalah pernyataan yang
menggabarkan kegiatan utama untuk mencapai atau mewujudkan/merealisasikan visi
tersebut. Karena visi harus mengakomodasi semua kelompok kepentingan yang
terkait dengan Sekolah, maka misi dapat juga diartikan sebagai
tindakan untuk memenuhi kepentingan masing-masing kelompok yang terkait dengan Sekolah. Dalam
merumuskan misi, harus mempertimbangkan tugas pokok Sekolah dan
kelompok-kelompok kepentingan yang terkait dengan Sekolah. Dengan
kata lain, misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan
dalam visi dengan berbagai indikatornya. Contoh visi dan misi yang dikembangkan
oleh salah satu Sekolah tertera pada Box 02.
Box 02: Contoh pengembangan
visi ke misi
Contoh Visi dengan indikator visi
Visi: Unggul dalam prestasi, tangguh dalam kompetisi dan
santun dalam pekerti
Indikator visi
1. Mampu
bersaing dengan lulusan yang sederajat untuk melanjutkan/diterima di jenjang
pendidikan yang lebih tinggi
2. Mampu
berpikir aktif, kreatif dan keterampilan memecahkan masalah
3. Memiliki
keterampilan, kecakapan non akademis sesuai dengan bakat dan minatnya
4. Memiliki
keyakinan teguh dan mengamalkan ajaran agama Islam secara benar dan konsekuen
5. Bisa
menjadi teladan bagi teman dan masyarakat
Misi
|
c.Tujuan Sekolah
Tujuan Sekolah adalah tujuan yang dirumuskan akan
dicapai pada kurun waktu 3-4 tahun berdasarkan analisis konteks Sekolah. Tujuan Sekolah sudah memiliki ukuran/kriteria sehingga dapat diukur.
Tujuan Sekolah dapat diambil dari Rencana
Pengembangan Sekolah.
Contoh
penulisan tujuan madrasah.
Berdasarkan
kondisi Sekolah, pada
empat tahun ke depan dirumuskan tujuan-tujuan berikut.
Dalam
waktu empat tahun:
(i)
Sekolah dapat memenuhi Standar Isi
dan Standar Proses
(ii)
Sekolah mengembangkan PAIKEM/CTL
100% untuk semua mata pelajaran
(iii)
Sekolah mencapai
nilai rata-rata UASBN 8,5
(iv)
Sekolah dapat meningkatkan jumlah
siswa 50 %
(v)
Sekolah memiliki sarana dan
prasarana berstandar nasional
(vi)
Sekolah memiliki tenaga pendidik dan
kependidikan berstandar nasional
(vii)
Sekolah memiliki Tim Lomba Olimpiade
Matematika dan IPA yang
menjadi juara I tingkat provinsi
(viii)
Sekolah mengembangkan berbagai
wadah/program penghayatan dan pengamalan agama.
You Might Also Like :
0 komentar:
Posting Komentar